Olahraga Yang Cocok Bagi Penderita Stroke

Selain dengan pengobatan, olahraga  juga merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit stroke. Selain itu, olahraga juga lebih efektif untuk mencegah kematian daripada dengan resep obat. Namun bukan berarti penderita stroke bisa langsung berhenti dari meminum obat tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu. Maka kami akan memberikan informasi mengenai olahraga yang cocok bagi penderita stroke.

Berikut ini ada 3 jenis olahraga yang cocok bagi penderita stroke, diantaranya :

1. Berjalan kaki

Berjalan kaki merupakan cara yang paling mudah dan murah yang bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun, dan dengan berjalan kaki sangat baik untuk mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar lemak dalam tubuh, dan menjaga berat badan. Berjalan kaki bukan hal yang mudah bagi penderita stroke, karena biasanya memiliki ketakutan akan terjatuh jika melakukan aktivitas fisik sehingga dibutuhkan dukungan dari keluarga dan orang-orang terdekatnya untuk meyakinkan dan menyemangati penderita stroke agar bisa aktif berjlana kaki. Untuk membantu mengurangi kecemasan penderita, bisa dengan menggunakan alat bantu seperti senam pernafasan, senam lansia, senam stroke, senam lantai, dan yang lainnya.

2. Latihan di Air

Latihan di air sangat membantu penderita stroke karena pengaruh daya apung air yang membuat tubuh lebih ringan daripada saat berjalan didarat yang lebih berat akibat gaya tarik gravitasi bumi. Berenang menjadi salah satu terapi yang bermanfaat untuk menyembuhkan saraf yang rusak atau mengalami gangguan pada penderita penyakit stroke, yaitu dengan cara merangsang otak dan sel sel sensorik dan menguatkan ketahanan otot.

3. Senam aerobik

Selain efektif untuk mencegah penyakit stroke, senam aerobik juga bisa membantu kesehatan dan kebugaran penderita penyakit stroke, jika penderita stroke rutin melakukan senam aerobik dapat meningkatkan pasokan oksigen, menambah kelenturan, serta menguatkan otot tubuh. Low impact senam aerobik yang cocok bagi penderita stroke seperti senam pernafasan, senam lansia, senam lantai, senam stroke, dan masih banyak yang lainnya.

Demikianlah informasi mengenai olahraga yang cocok bagi penderita stroke. Selain melakukan olahraga, penderita stroke juga harus dibarengi dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menghindari pantangan makanan serta harus mengkonsumsi obat herbal storke.

Olahraga Yang Cocok Bagi Penderita Stroke Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ana

0 comments:

Post a Comment