Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Stroke

Stroke yaitu suatu penyakit gangguan pembuluh darah diotak yang mengalami penyempitan sehingga penyakit ini salah satu penyakit penyebab seorang mengalami cacat fisik secara permanen.

terdapat 2 faktor penyebab stroke diantaranya :

Faktor medis yaitu stroke yang dipicu oleh komplikasi penyakit lain seperti kolesterol, tekanan darah tinggi, gangguan jantung, diabetes, dan faktor keturunan dari keluarga.
Faktor prilaku yaitu ketika melakukan gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi makanan cepat saji, minuman yang mengandung alkohol, dan mnuman yang bersoda serta sering merokok.

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Stroke
Selain diwajibkan mengkonsumsi makanan sehat, penderita stroke juga harus menghindari makanan pantangan agar terhindar dari resiko penyakit stroke, antara lain :

1. Daging olahan

Kandungan sodium nitrate dan nitrite yang terkandung pada daging olahan dapat merusak pembuluh darah dan meningkatkan resiko serangan stroke. Selain itu, sodium nitrate dapat di ubah menjadi nitrsamine yang di ketahui menjadi salah satu penyebab penyakit kanker.
Hingga 50 % daging olahan dapat menyebabkan maslaah kesehatan yang serius seperti meningkatkan resiko diabetes, menurunkan fungsi paru, dan masalah kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Berbagai daging olahan yang harus dihindari diantaranya, daging ham, sosis, daging bacon, daging atau ikan kalengan, dan hotdog.

2. Buah

Penderita stroke harus menghindari buah durian, nangka, nanas, lengkeng, duku, rambutan karena buah-buahan ini mengandung alkohol dan lemak yang berbahaya bagi penderita stroke.

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang diolah secara digoreng mengandung tinggi kalori dan menyebabkan kadar lemak dalam darah yang sangat bahaya bagi kesehatan. Selain itu, kadar lemak jahat yang tinggi dapat memicu penyumbatan pembuluh darah dan menimbulkan penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, stroke, dan jantung.

4. Minuman

Penderita stroke sebaiknya menghindari minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan bersoda karena dapat memperparah kondisi penyakit yang anda derita.

5. Makanan kolesterol tinggi

Penderita stroke juga harus menghindari makanan yang tinggi kolesterol karena dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius serta dapat menyebabkan peradangan dan masalah kesehatan kronis seperti stroke dan jantung. Selain itu, hindari juga makanan yang mengandung tinggi lemak, seperti makanan bersantan, makanan cepat saji, biskuit, dan cake.


6. Makanan asin

Kandungan garam tinggi yang ada pada makanan asin dapat menyebabkan pembuluh darah pecah di otak yang berakhir pada stroke dan dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah keseluruh tubuh.

7. Makanan manis

Kandungan gula tinggi yang terdapat pada makanan manis jika dikonsumsi dalam jangka panjang dapat meningkatkan kadar gula darah yang dapat merusak pembuluh darah sehingga menyebabkan penurunan fungsi mata, diabetes, kerusakan saraf dan meningkatkan resiko penyakit jantung, ginjal dan stroke.

Itulah beberapa pantangan makanan yang harus dihindari bagi penderita stroke agar penyakit yang anda derita tidak semakin parah dan sangat diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan sehat, gaya dan pola hidup sehat untuk membantu memulihkan penyakit stroke. Semoga bermanfaat.

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Stroke Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ana

0 comments:

Post a Comment