Cara Mencegah dan Pemulihan Stroke Dengan Terapi Air Hangat

Air adalah sumber kehidupan yang dapat memulihkan kehidupan. Sangat banyak manfaat dari air salah satunya untuk pemulihan serta pencegah stroke dengan metode terapi air hangat. Air hangat yaitu salah satu terapi yang dapat mencegah dan memulihkan penderita stroke karena efek hidrodinamik, hidrotastik, dan suhu hangatnya yang membuat peredaran darah didalam tubuh menjadi lancar. Selain itu, air hangat juga dapat memberikan efek ketenangan bagi tubuh.

Memang tidak semudah membalikan telapak tangan untuk memulihkan penderita dari stroke harus butuh kesadaran dan kedisiplinan dari diri sendiri dan orang sekitar. Menurut dr Peni Kusumastuti SpRm salah satu terapi yang dapat memulihkan otot dan sendi yang kaku yaitu hidroterapi, yang merupakan salah satu bentuk terapi latihan dengan menggunakan modalitas air hangat.

Air yang digunakan bersuhu 31 derajat celcius suhu yang cukup aman dan memberikan efek reileksasi bagi penderita, menurunkan rasa nyeri, melancarkan aliran darah, dan meningkatkan kemampuan alat gerak dan mempengaruhi oksigenisasi jaringan sehingga dapat mencegah kekakuan otot, menenangkan jiwa, menghilangkan rasa nyeri, dan merileksasikan tubuh. Pada dasarnya penggunaan air hangat untuk pengobatan yaitu efek hidroinamik dan hidrostatik dan secara ilmiah air hangat memiliki dampak fisiologis terhadap tubuh.

1. Dampak positif pada pembuluh darah, dengan hangatnya air membuat aliran darah menjadi lancar.
2. Faktor pembebanan didalam air akan menguatkan otot otot dan ligamen yang mempengaruhi sendi sendi tubuh. Jika anda mengalami encok dan rematik sangat baik untuk penyembuhan dengan terapi air hangat.
3. Latihan didalam air memiliki dampak positif pada otot, jantung, dan paru paru. Latihan didalam air membuat sirkulasi pernafasan menjadi lebih baik, efek dari hidrodinamik dan hidrostatik pada terapi ini dapat membantu menopang berat badan saat latihan jalan.

Selain beberapa hal positif diatas, jika selama 15 menit merendam kaki dengan air hangat setiap malam dan memijat bagian bawah kaki, maka bisa meningkatkan aliran darah yang nantinya akan memberikan kenyamanan saat tidur malam. Hal ini juga merupakan cara yang baik untuk mencegah penyakit stroke. Perbanyaklah latihan dan pemijatan pada bagian siku, bahu, pergelangan, tangan, dan sendi lutut untuk membantu pemulihan daro penyakit stroke.

Saat ini anda tak usah bingung dan khawatir lagi, jika ingin menjaga kesehatan diri dan keluarga dan ingin melakukan terapi air hangat sendiri di rumah, karena telah banyak pemanas air untuk kebutuhan rumah tangga, dari mulai pemanas air listrik, pemanas air tenaga matahari, dan pemanas air gas. Pilih pemanas air yang sesuai dengan kebutuhan dan yang terpenting air tersebut aman, hemat energi, dan ramah lingkungan. pengobatan, obat herbal stroke

Cara Mencegah dan Pemulihan Stroke Dengan Terapi Air Hangat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ana

0 comments:

Post a Comment