10 Penyebab Stroke Yang Harus Dihindari

Stroke merupakan penyakit yang harus diwaspadai, penyakit ini dulu identik dengan orang yang sudah berusia lanjut namun saat ini siapapun bisa saja terkena stroke.

Penyakit stroke yaitu penyakit yang menyerang otak, terjadi aliran darah dari otak tersumbat atau bisa juga karena pendarahan disekitar otak, disebabkan karena adanya pembuluh darah yang mengeras, tersumbat, atau menyempit.

Penyakit stroke jika tidak segera diatasi bisa berakibat fatal dan membuat penderita menjadi lumpuh. Tetapi 90% sebenarnya penyebab stroke yaitu karena gaya hidup yang salah.

Berikut dibawah ini 10 penyebab terbesar menurut para ahli antara lain :

1. Kurang berolahraga

Resiko orang yang terkena stroke bisa turun 36% jika orang tersebut rajin olahraga  ataupun beraktivitas fisik. Tidak perlu olahraga berat, cukup berjalan kaki selama 30 menit 3 kali seminggu.

2. Obesitas

Menurut WHO mengatakan bahwa obesitas telah berdampak pada kesehatan kardiovaskular jutaan orang ada sekitar 2.1 miliar penduduk bumi mengalami obesitas.

3. Tekanan darah tinggi

Lebih dari 3 juta warga AS di diagnosa mengidap tekanan darah tinggi, rata rata diatas 140 / 90, kondisi kronis ini membuat darah menekan dinding arteri, menurunnya tekanan darah berarti sama halnya menurunkan resiko terrkena stroke hingga 48% dan bisa dilakukan dengan cara mengurangi asupan garam.

4. Merokok

Jika anda berhenti merokok maka resiko penyakit stroke akan lebih kecil hingga 12%, karena merokok memicu kerusakan dibagian dalam pembuluh darah dan membuat lemak menumpuk sehingga dapat berakibat stroke atau serangan jantung.

5. Mengkonsumsi makanan tidak sehat

Jika anda mengkonsumsi makanan sehat maka 19% dapat mengurangi resiko terserang stroke, pilihlah makanan yang memiliki banyak kandungan serat dan kurangi makanan yang mengandung banyak lemak atau manis.

6. Minuman yang mengandung alkohol

Jika terlalu sering atau banyak meminum minuman beralkohol maka dapat menyebabkan tekanan darah tinggi nai dan dapat terjadi diabetes serta hipertensi yang bisa berujung pada penyakit stroke, dengan anda mengurangi atau menghindari minuman beralkohol maka 6% dapat mengurangin resiko stroke.

7. Penyakit jantung

Jenis stroke dibagi 2 diantaranya stroke ishemic yang dipicu oleh penggumpalan darah dan menjadi 85% penyebab penyakit stroke, dan stroke hemorrhagic yang dipicu oleh pendarahan diotak. Kesehatan jantung menjadi salah satu kunci untuk menurunkan resiko stroke hingga 9%.

8. Kolesterol

Kurangilah makanan yang mengandung kolesterol tinggi agar dapat menurunkan resiko stroke hingga 27%. Kadar kolesterol tinggi dalam darah bisa memicu terjadinya dyslipedaemia, menghambat aliran darah ke dan dari jantung, penyumbatan pembuluh darah, hingga berujung stroke.

9. Diabetes

Penderita diabetes biasanya besar kemungkinan dapat terserang stroke karena lebih mudah mengalami penggumpalan darah. Hingga 4% untuk mengindari diabetes dan menghindari stroke dengan cara mengurangi makanan manis.

10. Stress

Hindari depresi dan stress karena bisa menyebabkan stroke terutama bagi yang sudah berusia lanjut. Stress bisa menuntun orang menjalani gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, konsumsi minuman alkohol, dan malas beraktifitas. Hingga 6% akan mengurangi resiko stroke jika anda bisa menghindari stress. Pengobatan , Obat Herbal Stroke


10 Penyebab Stroke Yang Harus Dihindari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ana

0 comments:

Post a Comment