5 Cara Sederhana Mencegah Penyakit Stroke

Stroke termasuk salah satu penyakit yang membahayakan nyawa penderitanya, stroke yaitu kondisi pasokan darah ke otak terpututs akibat pecah atau tersumbatnya pembuluh darah sehingga sel sel pada sebagian area di otak pun ikut mati.

Berikut ini ada 5 cara mencegah penyakit stroke yang paling sederhana, antara lain :

Menjaga tekanan darah

Darah tinggi salah satu penyakit penyumbang terbesar resiko stroke baik pada pria maupun wanita maka pencegahan stroke paling sederhana bisa dimulai dengan menjaga tekanan darah agar tidak lebih dari 120 dan tidak kurang dari 80 ,  Anda perlu menjaga dan mengubah pola gaya hidup,diantaranya :

1. Menjaga Tekanan Darah

.Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, seperti burger, daging berlemak, es krim, dan keju.
Kurangi asupan garam dalam makanan cukup 1500 mg perhari sekitar 1/2 sendok teh, jangan berlebihan.
Harus banyak mengkonsumsi buah dan sayur, ikan 2 hingga 3 kali dalam seminggu, susu rendah lemak, dan beberapa porsi biji bijian.

2. Menurunkan Berat Badan

selain tekanan darah tinggi, kegemukan juga sering dikaitkan dengan resiko stroke karena lemak yang berlebih pada tubuh akan tertimbun pada dinding pembuluh darah, timbunan lemak tersebut membuat pembuluh darah tersumbat dan menyempit. Maka cara yang tepat untuk mencegah stroke yaitu dengan menjaga berat badan ideal tidak terlalu kurus maupun tidak terlalu gemuk.

3. Harus Rajin Berolahraga

Hasil study menunjukan bahwa seorang yang berjalan setidaknya 3 jam dalam seminggu resiko terserang stroke lebih kecil daripada dengan orang yang tidak melakukan hal ini, apabila anda tidak ada waktu untuk berolahraga, maka lakukan beberapa gerakan olahraga ringan minimal 10 menit setiap hari seperti aquats, situp, lunges maupun pushup.

4. Rutin Memeriksa Tekanan Darah

Cara yang sederhana dengan rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah minima sebulan sekali, untuk mengantisipasi resiko stroke biasanya pada orang yang memiliki tekanan darah tidak normal, tubuh akan memberi respon berupa rasa pusing, mata berkunang kunang, dan lain lain.

5. Hindari Alkohol dan Rokok

Sebagian orang sering merokok ataupun mengkonsumsi alkohol , coba anda pertimbangkan kembali dampak buruk yang sangat merugikan kesehatan tubuh, dua kali lipa resiko stroke bisa meningkat jika anda masih setia dengan mengkonsumsi kedua hal itu, karena rokok dan alkohol mengandung zat berbahaya didalamnya yang mampu mempersempit arteri hingga membuat darah cenderung menggumpal.

Itulah beberapa pencegahans stroke yang harus anda hindari agar tidak terserang stroke, semoga bermanfaat.

5 Cara Sederhana Mencegah Penyakit Stroke Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ana

0 comments:

Post a Comment