Cara Merawat Penderita Stroke Di Rumah

Orang yang memiliki riwayat penyakit stroke ringan ataupun berat, terkadang pikiran dan bicaranya tidak pernah jelas karena kondisi ini dipicu fungsi otaknya terganggu. perlu diperhatikan, penderita jika sudah terserang stroke harus bisa mengatur pola makan, berolahraga secara teratur, dan kurangilah gaya hidup berlebihan.

Penderita stroke butuh perhatian dan penanganan yang serius, tahapan proses penyembuhan stroke juga lumayan lebih lama oleh sebabnya, keluarga sangat berperan penting dalam membantu penyembuhan penderita stroke baik sehat secara jasmani maupun rohani.


Berikut ini ada beberapa tips cara merawat penderita stroke di rumah :

1. Berikan semangat

Pada umumnya proses penyembuhan memang diperlukan untuk mengkonsumsi obat-obatan namun yang harus dilakukan secara rutin untuk mengajaga terulangnya penyakit stroke. Selain itu, motivasi dan semangat pada penderita akan sangat membantu proses penyembuhan secara psikologis agar penderita tidak merasa minder.

2. Berkomunikasi dengan baik

Jangan biarkan penderita diam seorang diri, merenung dan membiarkan menonton tv tapi ajaklah penderita untuk terus berkomunikasi suapay sel sel pada otaknya berfungsi kembali seperti semula. Kasih dukungan kesembuhan penderita dengan rajin mengajak berobat sehingga merasa bahagia karena mood dan perasaan secara tidak langsung bisa jadi suatu penyebab penyakit stroke.

3. Memahami penderita

Kita sebagai keluarga harus memperlakukan dan memahami penderita stroke dengan cara yang sama karena kondisi fisik penderita tidak sana seperti konidisi sebelumnya, harus lebih memahami dan mengerti kondisinya yang tidak lagi normal seperti dulu.

4. Tegas agar penderita mandiri

Tegas tidak berarti kasar, penderita stroke harus diperlakukan lemah lembut namun tidak dimanjakan karena tidak baik untuk penyembuhan, sesuatu yang dimanja akan membuat seorang menjadi malas. Penderita stroke akan terus menerus mengandalkan orang yang merawatnya jika penderita sudah bergantung kepada orang lain sehingga tidak dianjurkan, karena penderita stroke diharuskan aktif bergerak menggunakan bagian tubuh yang masih lemah. Maka perlahan penderita akan memberi stimlasi sel sel otak untuk melakukan aktivitas kembali secara normal.

5. Mencegah stroke kembali

Beri asupan makanan yang sehat, hindari makanan yang menyebabkan stroke seprti daging kambing, goreng gorengan, makanan berlemak dan lain lain, perlu diingatkan juga untuk meminum obat-obatan dari dokter, chekup rutin, yang tidak boleh terlewatkan agar dokter bisa melihat perkembangan penderita. Cara tersebut dilakukan untuk mencegah stroke kembali dan agar penderita tidak mengalami serangan stroke yang ke dua kalinya serta membantu meringankan gejala stroke ringan.

Itulah berbagai cara merawat orang yang menderita stroke di rumah. Kesimpulannya sebagai keluarga harus sabar menangani penderita stroke jangan pernah menyerah untuk membantu penderita sembuh meskipun prosesnya memerlukan waktu namun percaya lah semua pasti ada hasil jika keluarga melakukannya dengan ikhlas. Pengobatan , Obat Herbal Stroke

Cara Merawat Penderita Stroke Di Rumah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ana

0 comments:

Post a Comment